Honda Brio bertarung di segmen hatchback memang menjadi pilihan mobil perkotaan. Harga Honda Brio 2020 sendiri masih terjangkau, mulai dari Rp148 jutaan untuk varian Honda Brio Satya S, serta varian tertinggi honda Brio RS CVT dibanderol dengan harga Rp202 jutaan. Mesin four-silinder 1.2L yang digunakan cukup bertenaga dan irit di jalan perkotaan.

Honda Brio sendiri merupakan city automotive dari hatchback segmen B yang dirakit di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Memasuki generasi kedua yang diperkenalkan 2 Agustus 2018 silam, Honda Brio menggunakan mesin L12B 1.2L dengan teknologi i-VTEC milik Honda yang mampu menghasilkan tenaga hingga ninety PS dengan transmisi 5-percepatan manual dan CVT.

Harga Honda Brio :

Tipe Harga Honda Brio Satya E M/T Rp 146.000.000 Honda Brio Satya E CVT Rp 154.700.000 Honda Brio Satya S M/T Rp one hundred seventy.100.000 Spesifikasi Honda Brio :

Mesin Tipe L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW Isi Silinder 1.199 cc Tenaga Maksimum 88.5 dk @ 6.000 rpm Torsi Maksimum one hundred ten Nm @ four.800 rpm Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT otomatis Sistem Penggerak Front-wheel-drive Dimensi P x L x T 3.185 x 1.680 x 1.485 mm Jarak Poros Roda 2.405 mm Kaki-Kaki dan Suspensi Suspensi Depan MacPherson Strut Suspensi Belakang H-Shpae Torsion Beam Rem Depan/ Belakang Ventilated Disc/ Drum Velg Allow 14 inci
Sejarah

Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

Awalnya,Honda Briopertama kali diperkenalkan pada Agustus 2012 untuk dipasarkan setahun setelahnya, kehadirannya menjawab kebutuhan konsumen Tanah Air yang menginginkan mobil murah dengan fitur yang tak murahan.

Generasi pertama Brio ditawarkan dengan 6 degree trim, Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dibuat secara lokal dengan mesin 1.2L. Sedangkan Brio Sport diimpor langsung dari Thailand berbekal mesin 1.3L. Namun penjualannya dihentikan pada Desember 2013.

Brio di pasar Indonesia menerima facelift pada April 2016 di gelaran Indonesia International Motor Show. Ubahan terbaru mencakup fasia depan, lampu belakang, desain dashboard, transmisi CVT baru, serta trimBrio RSsebagai varian tertinggi.

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi tempat peluncuran generasi kedua mobil ini. Menggunakan platform yang sama dengan mannequin generasi pertama, ubahan yang diberikan seperti grille, bagasi, serta tampilan baru lampu depan dan belakang.

Penjualannya terus meningkat, dengan 70.344 unit terjual tahun lalu. Saat ini, Brio menjadi satu diantara produksi Honda di Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Tercatat pemasaranHonda Briodi ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand dikirim dari Indonesia.