KARANGANYAR – Masih ingat dengan heboh kritik Jeep Wrangler Rubicon yang dibeli untuk mobil dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono? Saat ini mobil seharga Rp 1,98 miliar itu telah tiba di Karanganyar.

Yuli, sapaan akrab Juliyatmono, menggunakan mobil tersebut untuk berangkat rapat di gedung DPRD Karanganyar. Tampak mobil off-road itu diparkir di halaman DPRD.

“Kemarin, Selasa sore. Langsung ke rumah dinas,” kata Yuli saat ditemui usai rapat di Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (26/12/2019) di kutif detikcom.

Dia mengaku tak canggung mengendarai mobil barunya. Dia sudah mencoba berkendara sendiri. “Biasa (tidak canggung),” ujarnya.

Yuli beralasan membawa Rubicon perdana ke kantor DPRD sebagai pertanggungjawabannya kepada wakil rakyat. Dia ingin menunjukkan mobil 2.000 cc dari anggaran daerah itu sudah dia terima.

“Ini dipakai perdana sekaligus bagian dari pertanggungjawaban ke anggota dewan. Ini lho kendaraan pemerintah,” ujarnya.

Juliyatmono, Bupati Karanganyar
Ke depan, Rubicon itu akan digunakan Yuli untuk bertugas ke wilayah pegunungan terjal, seperti Kecamatan Jenawi, Ngargoyoso dan Jatiyoso. Dia mengaku ingin segera menggunakannya untuk meninjau pembangunan Waduk Jlantah di Kecamatan Jatiyoso.

Menurutnya, lokasi waduk tersebut cukup sulit dilintasi. Rubicon, kata dia, cocok digunakan untuk medan-medan menantang di pegunungan lereng Gunung Lawu.

“Dalam waktu dekat ke Waduk Jlantah. Karena kemarin saya ke sana wilayahnya kan cekungan. Waduk Jlantah memang medannya menantang,” kata Yuli.

Yuli juga mengajak wartawan untuk ikut serta dalam peninjauannya ke waduk tersebut. Selain mencoba Rubicon, dia juga sekaligus memantau proses ganti rugi pembangunan waduk.

“Mungkin nanti Anda lihat sambil cek pembangunan Waduk Jlantah. 2022 sudah selesai. Semua airnya mengalir di wilayah Karanganyar. Itu nanti keren,” ujar Yuli.

Akan tetapi, tak seperti perkiraan Yuli, Rubicon ini berwarna oranye-hitam. Yuli sebelumnya mengatakan mobil dinasnya berwarna hitam. Tampak mobil 2.000 cc tersebut memiliki dua pintu. Rubicon ini bertransmisi otomatis.

Tulisan Rubicon terlihat di bagian samping kanan dan kiri. Pelat nomor AD 1 F sudah dipasang pada mobil.

Yuli tidak mempermasalahkan soal warna mobil yang berbeda. Sebab, dalam pengajuan anggaran juga tidak disebutkan masalah warna.

“Lha adanya warna itu. Tampaknya juga tidak menyebut warna di dalam anggaran. Katanya ini yang best vendor,” ujarnya. Dia juga sempat menyebut mobil dinasnya sebagai kendaraan perang.

“Kendaraan perang!” kata Yuli sambil melambaikan tangan atau dadah-dadah.

Sumber: Detikcom