Peluncuran PaDi UMKM di Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2020 menjadi kado special dari kementrian BUMN untuk UMKM dimana hadiah tersebut bertujuan untuk memajukan dan memfasilitasi UMKM dalam rangka UMKM GO Digital. Keuntungan yang akan di dapatkan oleh pihak UMKM setelah bergabung dengan Pasar Digital pengadaan barang dan jasa Pemerintah ini adalah akses pasar pasti dari BUMN dimana pembelian akan terjadi secara jelas dan pasti untuk para pelaku usaha UMKM lalu keuntungan lainnya akses pasar dari dalam dan luar negeri dimana jaringan yang dibentuk oleh BUMN sudah terverifikasi dan aman untuk diolah data oleh para pelaku usaha UMKM, selanjutnya keuntungan lain yaitu terdapat feedback, informasi dan pembinaan untuk peningkatan kualitas produk yang dimana nantinya diharapkan para pelaku UMKM tidak hanya berkembang secara digital tetapi juga mampu mendorong bakat dan talenta mereka untuk lebih baik ke depannya.

Pelanggan adalah sosok yang paling diharapkan oleh penjual agar terjadinya transaksi secara terus menerus hingga jangka yang Panjang di masa yang akan datang demi terjadinya sebuah keuntungan. Keuntungan juga tidak hanya di dapatkan dari sisi penjual saja, sisi pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan apabila barang dan atau jasa yang mereka butuhkan dan telah diterima sesuai dengan kebutuhan mereka, maka produk tersebut akan sangat membantu menutupi kebutuhan mereka dalam konsumsi produk tersebut, namun seberapa pentingkah pelanggan? Apakah pelanggan itu harus terus dicari sehingga tidak perlu pertahankan pelanggan lama? Jangan hanya puas dengan pembelian pelanggan baru, tetapi pembelian pelanggan lama juga tak kalah penting, berikut tips yang wajib untuk disimak.

Dikutip dari media sosial PaDi UMKM (30/12/20), mengenai tips untuk mencari pelanggan baru namun tetap pertahankan pelanggan lama telah disiapkan untuk Anda yang telah bergabung di Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini agar pelanggan lama dan baru menjadi seimbang untuk diberikan pelayanan sebaik-baiknya. Berikut ini tips untuk cari pelanggan baru namun tetap pertahankan pelanggan lama.

Pertama, perluas jaringan di media sosial menjadi peran utama untuk mengenal sesame pengguna media sosial dari jarak jauh maupun dekat untuk tetap saling terhubung. Di era digitalisasi seperti sekarang ini, media sosial merupakan sebuah alat yang begitu penting untuk membentuk sebuah citra, baik itu personal maupun sebuah brand besar. Tak heran, perusahaan besar hingga perorangan tetap aktif berkomunikasi di sosial media untuk tetap menyapa para relasi mereka agar hubungan tersebut dapat terus terjaga.

Kedua, bangun hubungan personal dengan baik, ketika hubungan sudah tidak terlalu dekat karena rekan atau relasi Anda jarang bertemu dalam waktu dekat, tetaplah melakukan kontak entah dari media sosial maupun dari fitur chat pribadi. Hubungan personal dapat dibangun dengan baik ketika anda bertemu pelanggan baru namun hubungan personal juga dapat terjaga dengan orang lama jika anda tetap mengingatnya meskipun itu bentuk ucapan ulang tahun atau bertanya seputar keadaan mereka.

Ketiga, tawarkan produk baru yang inovatif. Tidak hanya pelanggan baru yang membutuhkan informasi baru, pelanggan tidak berbentuk baru atau lama ketika anda telah menciptakan produk baru, mereka tetap membutuhkan informasi yang lengkap dan inovatif.

Keempat, adakan diskon atau giveaway, tidak hanya gunakan sosial media sebagai alat saja, gunakan giveaway dan diskon di setiap aktifitas atau produk yang mau anda hadiahkan kepada para pelanggan.