Komoditi ekspor Indonesia untuk luar negeri setiap tahun semakin meningkat. Ada banyak sekali sumber daya alam di Indonesia yang bisa dikembangkan untuk diekspor ke berbagai negara. Tentu ini menjadi salah satu keuntungan Indonesia yang mana kegiatan ekspor mampu meningkatkan perekonomian negara ini. Kegiatan ekspor juga tidak bisa dipisahkan dari yang namanya jasa ekspor.

Salah satu komoditi ekspor Indonesia untuk luar negeri yang cukup banyak peminatnya adalah talas. Tentu Anda terkejut mendengar fakta ini karena kalah sendiri tidak terlalu populer untuk Banyak masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa negara yang menjadi tujuan utama untuk ekspor talas.

 

Sekilas Tentang Tanaman Talas

Tanaman talas masuk ke dalam golongan tanaman monokotil yang bisa bertahan hidup selama bertahun-tahun. Tanaman ini punya akar serabut yang terbilang dangkal dengan susunan sekelompok akar adventif. Batang talas pendek dan dibungkus oleh pelepah daun dan tumbuh dengan arah tegak. Pohon talas punya banyak kandungan mulai dari protein, kalsium, zat besi, vitamin dan juga fosfor.

Meskipun talas kerap disepelekan, tapi kini tanaman tersebut banyak dijadikan olahan makanan yang lezat. Tidak heran mengapa talas diminati banyak importir dari negara lain. Dan jasa ekspor juga ikut meningkat akibat komoditi ekspor satu ini.

 

Olahan Dari Bahan Talas

Talas bisa diolah menjadi berbagai produk makanan yang lezat dan punya harga jual tinggi. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa produksi olahan makanan dari bahan talas.

 

1. Stik Talas

Tidak kentang saja yang bisa diproduksi menjadi olahan stik. Karena saat ini talas dengan cita rasa yang gurih bisa dijadikan stik dengan cara pengolahan sederhana. Olahan stik talas umumnya dikerjakan oleh para pelaku usaha UMKM.

 

2. Es Krim Talas

Selain diolah menjadi stik, valas juga bisa dijadikan sebagai produk es krim dengan rasa dan aroma talas di dalamnya. Awas banyak kandungan serat dan juga tekstur dengan warna yang sangat menarik. warna yang dihasilkan oleh talas adalah ungu hampir mirip seperti warna yang dihasilkan oleh ubi jalar tapi tidak terlalu cerah. Untuk rasa es krim talas tentu bisa dibandingkan dengan produk olahan es krim dari susu karena rasanya yang juga nikmat.

 

3. Bolu Talas

Talas tentu juga bisa diolah menjadi makanan lezat seperti bolu. bahkan bolu talas merupakan salah satu oleh-oleh khas dari sebuah daerah. Usaha bolu talas dari produk UMKM bahkan sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia khususnya untuk Pulau Jawa. Jadi bagi Anda yang penasaran dengan rasa bolu talas yang nikmat, coba berkunjung ke daerah Jawa dan membawanya sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah.

 

Negara Pengimpor Talas

Talas bisa tumbuh dengan baik di negara Indonesia. Tidak heran mengapa perkembangbiakannya juga cukup penting. Ada banyak jenis talas yang ditemukan di daerah kepulauan Mentawai, setidaknya terdapat 150 kultivar talas lokal. Dan diketahui bahwa 30 tahun lalu bahkan ada 30 jenis talas. Bahkan, faktanya di beberapa negara talas lebih diminati daripada ubi.

Berikut ini adalah beberapa negara yang punya minat terhadap talas dari Indonesia.

 

  1. Taiwan
  2. Jepang
  3. China
  4. Hongkong
  5. Taiwan

 

Kalimat negara tersebut berasal dari Asia tenggara. Nah pengiriman salah salah sini ke negara tetangga membutuhkan yang namanya jasa ekspor profesional.

 

Demikian fakta tentang talas yang cukup mengejutkan dan juga beberapa negara pengimpor tanaman asal Indonesia ini. Nah untuk mendapatkan jasa ekspor yang bisa mengirimkan talas talas ke luar negeri, bisa memilih jasa paling direkomendasikan yaitu Kilo.id.

Jasa ekspedisi khusus ekspor ini sangat bisa diandalkan dan juga barang terjamin lebih cepat sampai. Karena anda tidak perlu menunggu penundaan pengiriman barang sampai kuota terpenuhi terlebih dahulu. Bahkan barang ada bisa dikirim pada hari itu juga.